Langsung ke konten utama

BALADA KERJA DI KEDAI KOPI

Siapa nih yang suka nongkrong di kede kopi?

Kede kopi sekarang nih udah pada naik kelas dan jadi simbol milenial kan ya. Tempatnya pada cozy dan bagus buat foto. Ditambah quote quote hidup dan cinta yang dikaitkan sama kopi dah la dahh paten kali.

Cuma aku ga ngebahas kede kopi yg kayak gitu.

Aku ngebahas yg kayak gini

Sistem kerja

Aku pernah kerja di kede kopi waktu abis tamat SMA. Ga jelas desk job nya apaan wkwk. Soalnya aku yg bersih2, aku yg belanja, aku yg buat minum, kalo ada pengunjung mau belik rokok atau apa juga aku yg gerak mencari. Bisa dibilang penjaga kede kopi la ya.

Aku kerja di kede kopi itu start dari jam 06.00 sampai 20.30. bener2 kerja rodi di jaman modern. Toke ku kayaknya keturunan Daendels. Terus dapat jatah makan sekali sehari yg boleh dikonversikan jd uang senilai idr 8.000.

Tokeku sepertinya turunan beliau

Begitu datang aku bukak warung kopinya, langsung masak air sedandang dan langsung nyapu, ngepel dan lap meja. Abis tu aku makan pagi pake bekal dari rumah sambil nunggu pengunjung.

Ini tuh kede kopinya baru buka gitu jd sepi bener sekalipun buka dari awal pagi banget paling kaya jam 10 pagi la baru ada yg masuk itu pun paling kaya satu orang aja.

Jadi aku tuh banyakan duduk dan main hp aja gitu kerjanya saking sepinya. Saking gabutnya yg udah pada bersih pun kubersihkan lagi.

Palagi kalau dah masuk jam siang dan gadak orang ya Tuhan super ngantuk, tapi ga boleh tidur.

Aku yang tiap siang berusaha nahan ngantuk

Kalau ada yg datang ya paling buat pesanan kaya teh manis, kopi item atau kopi sachet gitu. Kalau yg minum dah pulang ya angkut gelasnya terus dicuci ya gitu aja.

Terus ngecek stok kopi gula dll kalo abis ya belanja. Ngecek es batu juga kalo dah abis ya buat es batu. Kalau pengunjung ada yang minta dibelikan nasi, roti atau rokok ya gerak deh keluar.

Dah mau dekat jam pulang ya beres2 cuci semua yg perlu dicuci, tutup warung pulang deh.

Pengalaman dengan pengunjung

Ada satu pengunjung yg kalau minum tuh custom, anjay custom kaya modif wkwk. Kalau dia datang kadang mau kopinya ditubruk kadang maunya kopinya direbus langsung di panci, kadang gulanya mesti sesendok kadang mesti dua sendok. Ya kita mah iya iya aja namanya pembeli adalah raja yekan. Abis ni org juga tiap hari dtgnya, jd boleh la.

Terus ada pengunjung langganan yg royal gitu, suka ngebeliin makanan atau jajan buat kita yg kerja disitu. Gadak maksud apa2 emang dia keknya kebanyakan uang aja.

Paling sebel kalo udah ada kumpulan bapak2 genit yg masuk. Sumpah ga nyaman banget mana candaannya seksis lagi. Pengen ngelambai ke kamera bilang gak kuat.

Bapak2nya modelan kek gini

Pernah juga tuh ada pengunjung yg gatau jam tutup. Aku tuh pulang jam isya gitu kan ya. Lah dia duduk ngobrol sama temennya sampe jam 10an toke blg ga boleh diusir atau dblgin mau tutup gitu mana tau jd langganan. Eh mana tiba2 dia minta bir lagi padahal gadak jual bir, ya apalagi aku la keluar ke grosir2 nyarik bir. Mana gadak uang lembur atau apa lagi.

Paling seneng kalo yg datang tuh pas bayar blg kembaliannya buat aku aja wkwk walo cuma serebu duarebu lama2 jd seratus rebuu jga kan kalo dikumpulin wkwk.

Ada jga yg suka traktir kalo dateng, jd kalo dia pesen minum yg kerja disitu jga boleh ambil minuman di tempat kerja ntar dia yg bayar. Sama sih ni org gadak maksud apa2, kebanyakan duit aja keknya.

Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja si fantastis ya enak dan nyaman banget. I can do whatever i want selama semua kerjaan beres dan tempat bersih. Boleh nyanyi2 ama keluar buat jajan juga.

Toke perempuan maupun laki2 sama2 baik dan ramah. Cuma yg perempuan sangat concern ttg kebersihan dan kebetulan aku tuh bersihan orgnya ga bisa liat yg berantakan yaudah cocok laa.
Terus toke laki binik ni juga suka ngajak makan malem diluar gitu walopun omset sepi. Kalau keluar kota juga suka bawain makanan.

Tapi kalo kerja beginian lagi ama mereka ya gamau. Jam kerjanya terlalu belanda, terlalu kerja rodi. Padahal dimana mana kerja warkop tu siang udah pulang atau kalo sampe malem pasti pakai dua shift.

Ku tidak mau kerja rodi lagi tapi ga kaya kaya

Tapi aku merasa ini pengalaman yg menyenangkan, buat kangen dan ada kesan tersendiri krna tiap hari ketemu org yg beda2.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW SNACK : PANG PANG

 PANG-PANG Pang-pang ada yang menyebutnya  kue bantal   adalah makanan ringan  dari Indonesia  yang berbentuk seperti bantal , berukuran kecil dan berwarna coklat karamel. Pang-pang memiliki banyak varian rasa, seperti rasa manis, asin, pedas, jagung , dan lain-lain. Pang-pang merupakan makanan ringan yang rasanya enak, gurih dan renyah. (wikipedia) Pang-pang adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan ubi jalar. Proses pembuatan pang-pang hampir sama seperti membuat mi kering. Pada pembuatan pang-pang, ubi jalar direbus kemudian dicampur tepung terigu dan bahan lainya  pada bak pencampur mesin pembuat pang-pang kemudian dipres hingga terbentuk lembaran dengan ketebalan tertentu kemudian dicetak berbentuk segiempat dan menjadi pang-pang mentah. Proses selanjutnya adalah digoreng kemudian dilapisi glugus (larutan gula) baru didinginkan dan dijual dalam bentuk kemasan. (Laporan magang proses produksi pang pang, Desi prihatiningsih 2005) nah,walaupun memang punya

MENJADI WAITRESS

Tau waiter/waitress kan?  Yang selalu kita panggil kalau mau pesan makanan di resto/cafe dan yang kita panggil kalau butuh sesuatu di cafe/resto tersebut. Pernah punya pengalaman gimana kalau makan diluar soal waitress? Baik? ramah? galak? ga sopan? lelet? Macem-macem pokoknya ya haha. Jadi aku mau cerita soal pengalamanku menjadi waitress di salah satu resto di kota ku. Aku kerjanya bentar doang cuma 2 minggu karena cuma sebagai tenaga tambahan saat peak season kebetulan saat itu libur natal dan tahun baru. Waktu itu aku libur kuliah dan liat sosmed rupanya ada lowongan jd waitress serap selama 2 minggu. Ya aku ambil dong mayan duitnya buat main abis tahun baru. Kerja saja belum sudah membayangjan uangnya buat apa nanti 🤣 Aku datang ketempatnya dan ketemu pemiliknya. Dijelasin dong soal gaji dan jam kerja jam 10.00 sampai 22.00 tanpa libur, bener2 full time sebenernya wkwk. Untuk makan juga ditanggung 3 kali sehari. Ada mess nya juga, tapi aku maunya pulang pergi aja tiap hari. Ga pa

REVIEW SNACK : OREO WAFER CHOCO VANILLA

  OREO WAFER CHOCO VANILLA Dalam dunia perwaferan tentunya kita punya legenda tiada tara yaitu Tango dengan tagline berapa lapis? Ratusaaannn. Tango bahkan sekarang berasa milenial banget karena sempat collab bareng dilan tahun lalu. Dan tidak lupa jagoan lebaran, wafer khong guan yang selalu jadi incaran siapa saja tua dan muda saat  segel kyubi  eh segel kaleng khong guan baru dibuka pertama kali. Padahal ya wafernya sendiri udah dijual terpisah baik dalam bentuk kemasan plastik atau kaleng. Tapi ya kita mah suka cari gara-gara aja gitu rebutan, berantem bareng yang lain ngerebutin wafernya, kaya ada kepuasan sendiri aja gitu pas  memenangkan pertarungan  mendapatkan wafernya wkwk. Eits engga kelewatan juga nissin wafer yang udah ada dari jaman emak ayah, om dan tante sampai jaman naks naks milenial jaman now yang sama tuanya kaya khong guan dan wafer nabati yang penuh inovasi dan beragam banget rasanya. Back to topic, dunia wafer indonesiaaaah kedatangan pendatang baru yaitu Oreo Wa