Langsung ke konten utama

REVIEW SNACK : PANG PANG

 PANG-PANG

Pang-pang ada yang menyebutnya kue bantal adalah makanan ringan dari Indonesia yang berbentuk seperti bantal, berukuran kecil dan berwarna coklat karamel. Pang-pang memiliki banyak varian rasa, seperti rasa manis, asin, pedas, jagung, dan lain-lain. Pang-pang merupakan makanan ringan yang rasanya enak, gurih dan renyah. (wikipedia)

Pang-pang adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan ubi jalar. Proses pembuatan pang-pang hampir sama seperti membuat mi kering. Pada pembuatan pang-pang, ubi jalar direbus kemudian dicampur tepung terigu dan bahan lainya  pada bak pencampur mesin pembuat pang-pang kemudian dipres hingga terbentuk lembaran dengan ketebalan tertentu kemudian dicetak berbentuk segiempat dan menjadi pang-pang mentah. Proses selanjutnya adalah digoreng kemudian dilapisi glugus (larutan gula) baru didinginkan dan dijual dalam bentuk kemasan. (Laporan magang proses produksi pang pang, Desi prihatiningsih 2005)

nah,walaupun memang punya nama lain sebagi kue bantal lebih baik kita tetap menyebutnya sebagai pang-pang. abis kalau kue bantal entar ketuker sama odading mang oleh, pada jadi iron men dah 😁

Pang-pang merupakan makanan ringan yang banyak disukai oleh masyarakat yang dibuat dengan cara digoreng. Pang-pang juga mudah didapat di swalayan dan pasar. iya, pang-pang hampir bisa ditemuin dimana aja, di setiap pusat jajanan atau oleh-oleh di tiap daerah kayanya juga ada deh. tapi, yang dijual selalu yang rasa manis belum pernah aku tuh ketemu yang balado, asin atau rasa yang gimana-gimana atau aku yang kuper sampai engga pernah nemu haha.

yang paling bener dan gampang buat cari pang-pang ya di minimarket bisa indo atau alfa sama aja. kalau yang mau aku review kali ini yang dari indomaret.



Varian

Untuk varian rasa yang dijual itu hanya rasa manis di indomaret, tapi kayanya bukan cuma di indomaret doang mau di alfamart, supermarket atau pasar kayanya kita lebih sering nemu yang rasa manis. Kalau untuk varian rasa selain manis tentunya ada bisa didapet di toko oleh-oleh yang besar banget atau beli online karena kalau beli online apa aja ada, semua bisa wkwk

Kemasan

Indomaret pang-pang dikemas dalam kemasan yang menurut aku tuh lebih tebal daripada bungkus snack-snack pada umumnya, pas dipegang tuh kaya tebal dan kokoh emangnya bangunanindomaret pang-pang dikemas dalam berat 200gr, lumayan banyak banget isinya. Untuk harganya sendiri cuma Rp 7.900 bisa lebih hemat dan murah kalau ada promo. Kemarin juga aku dapet promo +2000 dapat 2, jadi untuk 2 bungkus cuma bayar 10rb aja, mantep banget.

Tekstur dan bentuk

Indomaret pang-pang teksturnya tuh renyah walaupun agak tebal dan berat. maksudnya berat tuh dia ga seringan keripik atau kerupuk waktu dikunyah dan masuk mulut. terus indomaret pang-pang ini dilapisi dengan gula jadi kalau kita makan terus kita emut tuh berasa banget ada lapisan gula yang lumer di mulut, pas dipegang juga agak lengket karena lapisan gulanya tadi tapi bukan yang nempel-nempel di tangan juga sih. 

                                    

Indomaret pang-pang tuh bentuknya persegi kecil yang menggembung, yah sama aja sih sama bentuk pang-pang lainnya di seluruh indonesia. belum pernah nemu tuh pang-pang bentuk bintang atau bunga.

Menurut aku juga, indomaret pang-pang tuh snack yang ngenyangin banget berasa menuhin perut, bukan kaya keripik yang tiba-tiba abis setoples atau sekilo tapi ga berasa di perut indomaret pang-pang tuh makan dikit aja udah kenyang jadi awet ga gampang abis wkwk.

overall, indomaret pang-pang ini merupakan snack tradisional yang manis, enak  nan murah serta masuk ke selera siapa aja mau abah, emak, nenek, om, tante atau adek kakak semuanya pasti bakal doyan sama ini snack.








https://core.ac.uk/download/pdf/16506603.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENJADI WAITRESS

Tau waiter/waitress kan?  Yang selalu kita panggil kalau mau pesan makanan di resto/cafe dan yang kita panggil kalau butuh sesuatu di cafe/resto tersebut. Pernah punya pengalaman gimana kalau makan diluar soal waitress? Baik? ramah? galak? ga sopan? lelet? Macem-macem pokoknya ya haha. Jadi aku mau cerita soal pengalamanku menjadi waitress di salah satu resto di kota ku. Aku kerjanya bentar doang cuma 2 minggu karena cuma sebagai tenaga tambahan saat peak season kebetulan saat itu libur natal dan tahun baru. Waktu itu aku libur kuliah dan liat sosmed rupanya ada lowongan jd waitress serap selama 2 minggu. Ya aku ambil dong mayan duitnya buat main abis tahun baru. Kerja saja belum sudah membayangjan uangnya buat apa nanti 🤣 Aku datang ketempatnya dan ketemu pemiliknya. Dijelasin dong soal gaji dan jam kerja jam 10.00 sampai 22.00 tanpa libur, bener2 full time sebenernya wkwk. Untuk makan juga ditanggung 3 kali sehari. Ada mess nya juga, tapi aku maunya pulang pergi aja tiap hari. Ga pa

REVIEW SNACK : OREO WAFER CHOCO VANILLA

  OREO WAFER CHOCO VANILLA Dalam dunia perwaferan tentunya kita punya legenda tiada tara yaitu Tango dengan tagline berapa lapis? Ratusaaannn. Tango bahkan sekarang berasa milenial banget karena sempat collab bareng dilan tahun lalu. Dan tidak lupa jagoan lebaran, wafer khong guan yang selalu jadi incaran siapa saja tua dan muda saat  segel kyubi  eh segel kaleng khong guan baru dibuka pertama kali. Padahal ya wafernya sendiri udah dijual terpisah baik dalam bentuk kemasan plastik atau kaleng. Tapi ya kita mah suka cari gara-gara aja gitu rebutan, berantem bareng yang lain ngerebutin wafernya, kaya ada kepuasan sendiri aja gitu pas  memenangkan pertarungan  mendapatkan wafernya wkwk. Eits engga kelewatan juga nissin wafer yang udah ada dari jaman emak ayah, om dan tante sampai jaman naks naks milenial jaman now yang sama tuanya kaya khong guan dan wafer nabati yang penuh inovasi dan beragam banget rasanya. Back to topic, dunia wafer indonesiaaaah kedatangan pendatang baru yaitu Oreo Wa