Langsung ke konten utama

MENJADI WAITRESS

Tau waiter/waitress kan? 

Yang selalu kita panggil kalau mau pesan makanan di resto/cafe dan yang kita panggil kalau butuh sesuatu di cafe/resto tersebut.

Pernah punya pengalaman gimana kalau makan diluar soal waitress?

Baik? ramah? galak? ga sopan? lelet?

Macem-macem pokoknya ya haha.

Jadi aku mau cerita soal pengalamanku menjadi waitress di salah satu resto di kota ku. Aku kerjanya bentar doang cuma 2 minggu karena cuma sebagai tenaga tambahan saat peak season kebetulan saat itu libur natal dan tahun baru.

Waktu itu aku libur kuliah dan liat sosmed rupanya ada lowongan jd waitress serap selama 2 minggu. Ya aku ambil dong mayan duitnya buat main abis tahun baru.

Kerja saja belum sudah membayangjan uangnya buat apa nanti 🤣

Aku datang ketempatnya dan ketemu pemiliknya. Dijelasin dong soal gaji dan jam kerja jam 10.00 sampai 22.00 tanpa libur, bener2 full time sebenernya wkwk. Untuk makan juga ditanggung 3 kali sehari. Ada mess nya juga, tapi aku maunya pulang pergi aja tiap hari. Ga pake lama langsung diterima dan langsung disuruh masuk kerja besoknya.

Sistem kerja

Hari pertama kerja aku ketemu sama waiter senior disitu dan dikasih tau soal pakaian kerja. Jadi seragam kerjanya tu ada polo shirt  dan batik dan ada jadwal tertentu buat pakainya.

Gini nih seragamnya

kelar ganti baju, aku langsung disodorin tablet. Tablet pc ya gaes bukan obat wkwk. Yang isinya tu kumpulan menu. Aku disuruh menghapal nama dan bentuk menunya. Ini penting jadi pas pesanan jadi dan harus diantar aku tau pesanan apa ke meja yang mana gitu.

Mirip kek ginila tablet menunya cuma tabletmya jadul sikit

kan lucu aja misalnya dari dapur pesanan dengan nama es air mata pengantin atau es tumpeng udah selesai aku gatau itu yang mana. Malah bisa salah antar, pengunjung kecewa, bos pun marah.

Sambil ngapalin menu, waiter yg senior membagi wilayah samaku. Jadi, selain menerima dan antar pesanan, waitress juga bertanggung jawab atas kebersihan resto. Area resto tempatku kerja tu ada lesehan, kursi, daerah kolam ikan, kamar mandi.

Jadi aku kebagian ngebersihin daerah kolam ikan, kursi dan area dekat mess waitress.

Jadi setiap pagi ketika sampai aku nyapu dan ngepel daerahku, sapu dan kutip daun pohon yang gugur dan ngebersihin daun yang gugur ke kolam ikan. Kemudian bantu orang dari dapur buat kupas bawang, potong sayur, kupas sereh apa aja deh yang disuruh.

Abis tu bersiap deh nunggu konsumen yang mau makan disitu. Berdiri sambil pegang tablet menu. Langsung berlari dan menyapa jika ada pengunjung yang datang.

Tapi satu hal yang aku bingung nih ya, kenapa waitress itu wajib berdiri dan ga boleh duduk. Dan ini hampir rata di semua tempat kayanya.

Ilustrasi waiter berdiri

Iya aku tu dri menjelang siang ampe maghrib berdiri terus, serius. Bisa duduk juga curi2 gitu atau nempelin bokong ke meja atau dinding biar rileks dikit wkwk

Ternyata setelah aku cari2 dikit di google memang harus begitu, posisi standby namanya udah bagian dari SOP kerja waiter/waitress. CMIIW.

Kalau ga kuat berdiri jgn jadi waitress deh nanti dimarahin mulu sama bosnya wkwk. Selain harus kuat berdiri, waiter juga dituntut untuk bisa cepat kalau bisa secepat flash.

Ini bener-bener aku rasain, karena pernah ada hari semua meja penuh dan pesanan terus datang. Sumpah bawa makanan pesanan juga sambil lari bawak nampan. Mana mesti cepat juga bersihin meja dan piring bekas org makan biar pengunjung lain bisa langsung masuk. Waduh berasa ada yang ngejar. Penuh tekanan juga krna pengunjung pada manggil semua, org dapur juga manggil terus. Salah2 juga pikiran nge blank langsung kaya aku siapa? Aku dimana?

Satu lagi, kalo jadi waitress itu juga mesti tahan lapar. Kalau meja udah penuh dan pesanan banyak kita ga bakal bisa ngapa2in lagi selain ngelayanin pengunjung. Pernah tu saking ramenya aku makan siang jam setengah 6. Wow hebat juga perutku bisa diajak susah wkwk.

Oh iya soal makan, kita tuh makannya dengan lauk yang sudah disediakan. Bisa sayur, telur, tempe atau sambel apa gitu menu menu sederhana gitulah. Ga pernah tu kesentuh makanan yg di menu buat kita pekerja makan.

Pengalaman dengan pengunjung

Pernah tu ketemu pengunjung yang mesti bersih banget, katanya sih udah langganan kental imbang2 kaya vip la wkwk semua peralatan makannya dan tempat dia duduk mesti bersih banget.

Terus udah bosan banget liat orang pacaran haha. Dari yg malu2, gragas, cuek, kasar, uwu uwu dah liat semua.

Paling males sama kumpulan anak muda, karena suka ngelece atau buat kita jd bahan becandaan. Lah bayangin kalo lewat gang yg isinya kumpulan cowok pasti langsung muter lah ini malah kayak one by one wkwk

Dan satu lagi gatau kenapa tempat aku kerja kemarin sering jadi tempat ketemuan orang yang selingkuh. Bukan nuduh ya gaes, soalnya aneh ya org makan ke resto tapi motornya parkirnya diatur banget supaya ga keliatan dari jalan dan memang namanya aku posisi stand by ya ehem wkwk jd sering dengar obrolan pelanggan dan ya emg pada selingkuh gitu bukan nuduh.

Aku tuh paling menghela nafas kalau yg makan tu keluarga besar dengan anak kecil. Karena kotor dan berantakan banget. Bayangin itu nasi bisa tersebar ke seluruh permukaan meja dan lesehan. Kan lengket sekali. 

Membersihkan sambil menangis 😭

Yang paling epic pernah mergokin org coli. Posisinya tu maghrib dan pengunjung cuma ada sepasang pasangan om dan tante gitu ga muda tapi ga tua juga. Aku sama waitress senior kan berdiri standby tu ngerasa kaya ngedengar suara aneh kaya desah2 gitu sumpah. Lari dong kita ke asal suara eh pas sampe tu bedua posisinya dah aneh kaya baring gitu terus panik dan bingung banget terus langsung pulang. Padahal kita cuma nyamperin blom nanya apa2.


Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja so so aja dan gadak kesan dalam antar sesama pekerja buat aku. Yang lain tu ya ga jahat tapi ya ga baik2 banget juga. Mungkin karena aku pekerja lepas juga kali ya.

Yang buat aku sedih hari terakhir aku kerja aku kasih jajan sama kue2an kan dari rumah buat pekerja yg lain terus aku peluk, pas aku meluk kaya ga nyaman dan apaan sih gitu.

Sebegitu tidak diterimanya aku haha.

Tapi ga peduli amat sih sebenernya yg penting udah kerja dgn baik dan benar terus udah terima gaji hehe.

Soal bosnya? Aku ga bakal cerita apa2 wkwk. Baik buruknya itu bos saya waktu kerja disana dan saya digaji pake uangnya dan uangnya saya nikmati betul haha. Mendadak formal pake saya, saya wkwk.

Personal Life 

Selama kerja 2 minggu aku mendadak anti sosial. Krna kerja ga boleh pegang hp dan full dari pagi ampe malam. Pulang langsung mandi pun sudah jam 11 ya langsung tidur krna besok mesti bangun pagi. Gadak tu sempat liat sosmed atau story orang2, paling balasin chat yg masuk aja sebelum tidur.

Yang kedua, kulitku belang parah wkwk padahal restonya itu bukan langsung kaya lapangan terbuka juga cenderung kaya semi outdoor tapi bisa2nya kulit punggung tangan dan punggung kakiku belang. 

Uang gajinya waktu itu ga aku pake buat apa2 cuma aku simpan doang ujungnya, padahal dah angan angan ini itu tapi malah ngerasa sayang sendiri. 

Kalau ada part time beginian lagi mau banget aku jd waitress lagi wkwk


Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW SNACK : PANG PANG

 PANG-PANG Pang-pang ada yang menyebutnya  kue bantal   adalah makanan ringan  dari Indonesia  yang berbentuk seperti bantal , berukuran kecil dan berwarna coklat karamel. Pang-pang memiliki banyak varian rasa, seperti rasa manis, asin, pedas, jagung , dan lain-lain. Pang-pang merupakan makanan ringan yang rasanya enak, gurih dan renyah. (wikipedia) Pang-pang adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan ubi jalar. Proses pembuatan pang-pang hampir sama seperti membuat mi kering. Pada pembuatan pang-pang, ubi jalar direbus kemudian dicampur tepung terigu dan bahan lainya  pada bak pencampur mesin pembuat pang-pang kemudian dipres hingga terbentuk lembaran dengan ketebalan tertentu kemudian dicetak berbentuk segiempat dan menjadi pang-pang mentah. Proses selanjutnya adalah digoreng kemudian dilapisi glugus (larutan gula) baru didinginkan dan dijual dalam bentuk kemasan. (Laporan magang proses produksi pang pang, Desi prihatiningsih 2005) nah,walaupun memang punya

REVIEW SNACK : OREO WAFER CHOCO VANILLA

  OREO WAFER CHOCO VANILLA Dalam dunia perwaferan tentunya kita punya legenda tiada tara yaitu Tango dengan tagline berapa lapis? Ratusaaannn. Tango bahkan sekarang berasa milenial banget karena sempat collab bareng dilan tahun lalu. Dan tidak lupa jagoan lebaran, wafer khong guan yang selalu jadi incaran siapa saja tua dan muda saat  segel kyubi  eh segel kaleng khong guan baru dibuka pertama kali. Padahal ya wafernya sendiri udah dijual terpisah baik dalam bentuk kemasan plastik atau kaleng. Tapi ya kita mah suka cari gara-gara aja gitu rebutan, berantem bareng yang lain ngerebutin wafernya, kaya ada kepuasan sendiri aja gitu pas  memenangkan pertarungan  mendapatkan wafernya wkwk. Eits engga kelewatan juga nissin wafer yang udah ada dari jaman emak ayah, om dan tante sampai jaman naks naks milenial jaman now yang sama tuanya kaya khong guan dan wafer nabati yang penuh inovasi dan beragam banget rasanya. Back to topic, dunia wafer indonesiaaaah kedatangan pendatang baru yaitu Oreo Wa